Dynamic Camouflage Text Generator at TextSpace.net

Style_1
(Background)
Style_2
(Font Colour)
Style_3
(Font Face - Font Size)

Jumat, 18 Oktober 2013

Pengenalan Borgol Dan Jenisnya

Pengenalan Borgol Dan Jenisnya
Jenis Borgol

Penempatan Borgol

Borgol merupakan salah satu alat perlengkapan yang dipergunakan oleh petugas keamanan dalam melaksanakan tugas operasionalnya. Pada prinsifnya borgol berfungsi untuk membatasi gerakan seseorang guna mencegah seseorang tersebut melarikan diri dari penangkapan.

Borgol dirancang sebagai alat penahan yang terdiri dari dua pegangan yang saling terhubung, dan pada setiap pegangan dapat dibuka dan ditutup dengan mengunakan sebuah kunci yang sama. Borgol berbentuk oval dengan tungkai bergerigi yang masing-masing dapat bergerak memutar hingga 360 derajat.

Menurut tempat digunaannya, borgol terdiri dari tiga jenis, yaitu :
  1. Borgol tangan (Handcuff), digunakan pada pergelangan tangan.
  2. Borgol kaki (Feet cuffed), digunakan pada pergelangan kaki.
  3. Borgol jari (Ring handcuff), digunakan pada kedua ibu jari tangan.
Sedangkan borgol tangan sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
  • Borgol standar, adalah borgol dengan bentuk yang umum digunakan oleh kepolisian maupun satpam, beratnya antara 250 – 350 gram.
  • Borgol pasukan khusus, adalah borgol dengan bentuk melingkar dengan bagian kunci berbentuk tabung.
  • Borgol kuno, adalah borgol dengan bentuk setengah lingkaran dengan plat besi menggunakan gembok.

Borgol umumnya terbuat dari logam dengan dua buah logam melingkar dan rantai sebagai penghubungnya. Jenis logam yang sering digunakan sebagai bahan pembuat borgol adalah baja tahan karat, baja karbon, alumunium atau polimer. Borgol dengan logam ini biasanya digunakan oleh aparat kepolisian dalam mengamankan para pelaku tindak kejahatan. Namun, terdapat juga borgol yang terbuat dari plastik yang dinamakan Flexicuffs atau Plasticuffs.


Plasticuff

Plasticuffs atau Flexicuffs adalah borgol yang terbuat dari bahan plastik yang ringan, dapat dibawa dalam jumlah besar oleh polisi anti huru-hara, misalnya untuk menangani aksi protes atau kerusuhan yang terjadi akibat demonstrasi dan lainnya.

Selain itu beberapa maskapai penerbangan juga menyediakan borgol plastik untuk menahan penumpang yang membuat onar, tersangka terorisme, atau mengamankan penumpang yang dianggap dapat membahayakan dan mengganggu penerbangan. Borgol plastik hanya dapat dilepaskan dengan cara dipotong menggunakan benda tajam.


Penempatan / penggunaan borgol

Untuk penempatan biasanya dipakai / diselipkan pada kopelrim (Duty belt) sebelah kanan.

Dalam kepolisian, penggunaan borgol berpedoman pada :
  • Dril I, borgol sebagai alat penangkis.
  • Drill II, borgol sebagai alat pemukul.
  • Drill III, borgol sebagai alat pemborgol.
Teknik memborgol ada tiga yaitu :
  1. Borgol depan
  2. Borgol belakang
  3. Borgol silang
Adapun caranya ada tiga yaitu :
  1. Sikap Berdiri : Kedua tangan diangkat dengan telapak tangan terbuka, perintahkan berbalik (membelakangi petugas), condongkan badan ke depan (tempelkan tangan ke dinding) kurang lebih sampai membentuk sudut 45 derajat, kaki buka selebar mungkin sampai tumit terangkat, pegang kerah baju bagian belakang dan posisi petugas membentuk kuda-kuda segitiga dengan paha kaki depan menempel di antara kaki tahanan, pasang borgol pada tangan kanan, kemudian tarik ke belakang lalu ambil tangan kiri dan memborgolnya.
  2. Sikap Duduk : Kedua tangan diangkat dengan telapak tangan terbuka, perintahkan berbalik (membelakangi petugas), kemudian duduk dengan kaki dibuka lebar-lebar, condongkan badan kedepan, posisi petugas membentuk kuda-kuda segitiga dengan lutut kaki depan menempel di punggung tahanan, pasang borgol pada tangan kanan, kemudian tarik ke belakang lalu ambil tangan kiri dan memborgolnya.
  3. Sikap Tiarap : Perintahkan tahanan dalam posisi tiarap, kedua tangan di luruskan ke depan dengan telapak tangan terbuka, kaki dibuka lebar-lebar, pandangan mata lurus ke depan, posisi petugas dengan lutut kaki depan menekan di punggung tahanan, pasang borgol pada tangan kanan, kemudian tarik ke belakang lalu ambil tangan kiri dan memborgolnya.